MONUMEN KAPAL VAN DER WIJCK

VANDERWIJCK
Van Der Wijck, acap kali dikaitkan dengan kisah fiksi dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka. Novel yang kini diangkat dalam film layar lebar dengan judul sama dengan novelnya. Tenggelamnya kapal Van Der Wijck sebenarnya merupakan tragedi yang pernah terjadi di Nusantara. Tak banyak yang tahu jika di balik tragedi tenggelamnya kapal Van Der Wijck ada hubungannya dengan Kabupaten Lamongan.
Tahun 1936, kapal Van Der Wijck tenggelam di perairan Lamongan. Waktu itu kapal berlayar dari Bali menuju Semarang dan akan singgah di Surabaya. Kapal Van Der Wijck tenggelam pada hari selasa, tanggal 20 Oktober 1936, 12 mil dari pantai Brondong.
Kapal Van Der Wijck merupakan kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) dibuat oleh Maatschappij Fijenoord, Rotterdam tahun 1921. Saat itu kapal melayani rute kawasan perairan di Hindia Belanda dan merupakan cikal
bakal pelayaran nasional Indonesia (Pelni).
Lantaran itu di Kecamatan Brondong, Lamongan, dibangun monumen tenggelamnya kapal Van Der Wijck sekaligus sebagai tanda terima kasih pemerintah Hindia Belanda kepada warga Brondong yang waktu itu berupaya membantu para korban. Monumen berdiri kokoh tersebut berbentuk seperti pos pemantau di kawasan pantai setinggi 15 meter berwarna kuning dan biru. Terdapat dua prasasti di dinding barat dan timur monumen. Prasasti terbuat dari pelat besi bertuliskan dalam bahasa Belanda dan Indonesia.
Monumen tersebut letaknya dekat dari Jalan raya baik yang menuju ke pelabuhan TPI Brondong atau jalan raya pantai utara tidak jauh dari kawasan Wisata Bahari Lamongan. Namun karena tak adanya papan nama atau petunjuk tentang monumen Van Der Wijck, banyak orang yang menganggap monumen itu sebagai bagian dari bangunan kantor. Monumen Van Der Wijck telah menjadi saksi bisu tragedi tenggelamnya kapal Van Der Wijck di perairan Lamongan.
(http://surabaya.tribunnews.com/2013/12/10/kapal-van-der-wijck-tenggelam)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s